Workshop of Systematic Review Following Cochrane Method 2023

-

Yogyakarta, UGM - CEBU FKKMK UGM dan Cochrane Indonesia menyelenggarakan rangkaian Workshop of Systematic Review Following Cochrane Method 2023 selama 3 (tiga) hari dari 3-5 Juli 2023 di Eastparc Hotel Yogyakarta. Dalam sambutanya di hari pertama hari Senin (3/7), Ketua Cochrane Indonesia dr. Detty S.Nurdiati, MPH. Ph.D,.Sp.OG(K) menuturkan bahwa workshop ini diselenggarakan untuk peneliti, mahasiswa, ataupun praktisi yang membutuhkan pengetahuan dalam bidang pencarian dan manajeman literatur secara baik dan benar. 
Pada Workshop ini diisi oleh dr. Detty S.Nurdiati, MPH. Ph.D,.Sp.OG(K), dr. Ajeng Viska Icanervilia, MPH, dr. Lukman Ade Chandra, M.Med, M.Phil, Dr. dr. Prahara Yuri, SpU(K), dr. Dhite Bayu Nugroho, M.Sc.,Ph.D, dr. Kristia Hermawan, MSc, SpA, PhD , dr. Indah Kartika, MKes, PhD, SpA(K) dan Dr. dr. Diah Rumekti, MSc, SpOG(K). 


Peserta juga diajak untuk terlibat dalam diskusi kelompok kecil dan studi kasus, dimana mereka berkolaborasi dengan sesama peserta untuk menerapkan metodologi sistematik review pada topik-topik spesifik. Pada Workshop ini peserta dibentuk menjadi 8 kelompok untuk melakukan praktikum yang dibantu oleh beberapa fasilitator. Hal ini memberikan pengalaman praktis yang berharga dalam menghadapi tantangan yang mungkin timbul selama proses penelitian maupun publikasi. Selain itu, workshop ini juga membahas tentang penggunaan perangkat lunak dan alat bantu yang dapat mendukung penelitian sistematik review. Para peserta diperkenalkan dengan berbagai teknologi dan platform yang dapat membantu dalam proses pencarian literatur, dan manajemen referensi.


Workshop sistematik review selama 3 hari ini telah memberikan manfaat signifikan bagi peserta. Mereka pulang dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang metodologi sistematik review, keterampilan praktis dalam melakukan penelitian, dan jaringan dengan rekan-rekan seprofesi. Diharapkan workshop ini dapat mendorong penelitian yang lebih berkualitas dan menghasilkan pengetahuan baru yang berdampak bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Sesi terakhir acara ditutup dengan foto Bersama.

-