Workshop Cochrane Translation Batch 1 dan 2

-

CEBU UGM- Pusat Epidemiologi Klinik dan Biostatistik (CEBU) bekerjasama dengan Cochrane Indonesia menyelenggarakan workshop Cochrane translation dalam 2 batch. Salah satu topik yang menonjol dalam workshop ini adalah bagaimana penerjemahan hasil penelitian kesehatan dapat berkontribusi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Sebagai contoh, penerjemahan hasil penelitian klinis yang relevan dan dapat dipahami ke dalam berbagai bahasa membantu memastikan bahwa informasi kesehatan yang penting dapat diakses oleh semua orang, tanpa memandang bahasa atau lokasi geografis.

Batch 1 dilaksankan pada 20 Januari 2024 dan Batch 2 dilaksanakan pada 7 Februari 2024 workshop dilakukan secara daring melalui zoom. Workshop pada batch 1 diikuti sebaanyak 80 peserta dan workshop batch 2 diikutu 60 peserta. Narasumber pada workshop tersebut adalah dr. Detty S Nurdiati, MPH,.Ph.D,.Sp.OG(K), dr. Mawadah Ar Rochmah,.Ph.D,.Sp.N dan dr. Anggraeni Ayu Rengganis,.M.Sc.

Dalam konteks SDGs, upaya untuk meningkatkan akses informasi kesehatan melalui penerjemahan tidak hanya mendukung Tujuan 3 (Kesehatan dan Kesejahteraan yang Baik), tetapi juga terhubung dengan Tujuan 4 (Pendidikan Berkualitas), Tujuan 5 (Kesetaraan Gender), dan Tujuan 10 (Pengurangan Ketimpangan). Dengan memastikan bahwa informasi kesehatan yang penting dapat diakses oleh semua orang, masyarakat dapat lebih baik dilengkapi untuk mengatasi tantangan kesehatan yang ada dan memperbaiki kualitas hidup secara keseluruhan.